TIM RDP Berikan Berkas Program Indonesia Pintar

TIM RDP menyerahkan berkas Program Indonesia Pintar

TIM RDP melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah di Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta untuk menyerahkan berkas Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa-siswi yang membutuhkan. Sampai berita ini diturunkan, TIM RDP telah memberikan berkas Program Indonesia Pintar kepada lebih dari 800 siswa selama kunjungan yang dilakukan minggu kemarin. TIM RDP akan selalu melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk membantu setiap siswa-siswi yang kurang mampu dalam mengenyam pendidikan. Hal tersebut dikarenakan masih banyak terjadinya anak putus sekolah di Indonesia.

Menurut data dari Kemendikbud Tahun 2017, masih terdapat lebih dari 72 ribu anak yang putus sekolah di Indonesia. Jika dilihat pada kawasan Jawa Barat, terdapat 15.952  anak yang putus sekolah pada tahun ajaran 2016/2017. Kemampuan keuangan orang tua merupakan faktor utama adanya anak putus sekolah di Indonesia. Disisi lain, tingkat pendidikan merupakan faktor besar dalam membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar.

TIM RDP melihat data tersebut sebagai bentuk negara yang masih kurang memperhatikan hak pendidikan terhadap setiap warga negara. Menurut UUD 1945 Pasal 31, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Negara diharuskan membiayai pendidikan nasional dengan anggaran minimum 20% dari APBN. Program Indonesia Pintar merupakan bentuk dari negara dalam memenuhi hak pendidikan warganya. Disini TIM RDP merupakan jembatan antara warga dengan instansi pemerintah dalam memberikan Program Indonesia Pintar agar lebih tepat sasaran. Semoga perjuangan yang dilakukan oleh TIM RDP dapat membantu setiap anak bangsa untuk menggapai cita-citanya.

data : publikasi.data.kemdikbud.go.id

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *