TIM RDP Akan Mengadakan Donor Darah Bersama POPTI

Rumah Aspirasi Rieke Diah Pitaloka (Rumah Diah Pitaloka) pada hari Minggu, 3 Desember 2017 mendapatkan kunjungan dari organisasi sosial POPTI (Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalassemia Indonesia) Kabupaten Bekasi. POPTI sendiri didirikan pada tahun 1984 sebagai wadah bagi orang tua penderita Thalassaemia sebagai media komunikasi sesama orang tua penderita. Kunjungan ini menandakan kerjasama antara TIM RDP dengan POPTI untuk melakukan kegiatan donor darah yang akan diselenggarakan pada wilayah Kabupaten Bekasi dan Karawang.

Thalassemia adalah penyakit keturunan dengan gejala utama pucat, perut tampak membesar karena pembengkakakan limpa dan hati, dan apabila tidak diobati dengan baik akan terjadi perubahan bentuk tulang muka dan warna kulit menjadi menghitam. Penyebab penyakit ini adalah kekurangan salah satu zat pembentuk hemoglobin (Hb) sehingga produksi hemoglobin berkurang. Sampai saat ini belum ada obat yang menyembuhkan penyakit thalssemia secara total. Pengobatan yang paling optimal adalah transfusi darah seumur hidup dan mempertahankan kadar Hb selalu sama atau 12 g/dl dan mengatasi akibat samping transfusi darah. Oleh karena itu, keberadaan stok darah menjadi penting untuk menolong penderita thalassemia agar dapat beraktivitas layaknya orang lain secara normal.

Dalam kesempatan lain, Ketua Rumah Aspirasi Rieke Diah Pitaloka Tri Wahyu Widodo menyambut baik usulan tersebut. TIM RDP akan membantu dalam menggalang masyarakat dalam acara donor darah. TIM RDP beserta POPTI menyepakati bahwa acara donor darah akan diselenggarakan pada tanggal 22 Desember mendatang. Semoga dengan kerjasama ini TIM RDP beserta POPTI dapat membantu penderita thalassaemia untuk menjangkau ketersediaan darah yang lebih baik.

Sumber : Yayasan Thalassaemia Indonesia

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *