Bung Karno

BUNG KARNO

bung karno

       Pemikiran Soekarno adalah milik bangsa Indonesia. Semua masyarakat termasuk partai politik seharusnya belajar menerapkan ideologi positif milik Bung Karno dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melihat Bung Karno, seharusnya tidak melihat dari sisi gelapnya semata. Banyak pemikiran Bung Karno yang telah mewujudkan bangsa ini menjadi bangsa yang besar. Beberapa pemikiran Soekarno yang perlu diteladani adalah anti imperialisme, anti kolonialisme, dan egalitarianisme. Pemikiran ini menunjukkan bahwa Bung Karno selalu ingin membangun bangsa dan rakyatnya dari kejatuhan setelah penjajahan bangsa asing. Soekarno percaya bahwa semua bangsa harus mengenyam kemerdekaan karena itu hak segala bangsa. Seharusnya pemerintahan setelah Soekarno menerapkan impiannya untuk membangun bangsa ini lebih baik.

      Bung Karno adalah orang yang sangat Pancasilais. Jangan mengaku Pancasilais, jika tidak bisa menerapkan ideologi Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara. Saat ini para pemimpin bangsa dapat meneladani perilaku Soekarno dengan menyelamatkan budaya dan kekayaan alam bangsa Indonesia yang saat ini dikuasai asing. Selain itu tidak membiarkan perekonomian Indonesia masuk dalam pasar bebas dan dikendalikan oleh negara lain. Indonesia harusnya bisa berdiri di kaki sendiri dengan dasar dan falsafah Pancasila dan UUD 1945.

Zaman Soekarno, hutan dan alam raya masih perawan, ia memperhatikan segala sesuatu untuk rakyatnya. Itu harus dilakukan. Kita harus kembali ke tujuan negara, yang dicetus salah satu pendiri bangsa ini, yaitu negara yang adil, makmur dan sejahtera.

 

Sumber foto: kompasiana.com

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *